fbpx

Apa Arti Review Pengguna atau Pelanggan Kita?

Review Coworking Space Jakarta

Saat kami beringsut turun dari mobil GoCar seraya berterima kasih kepada pengemudi, ia tak lupa mengingatkan saya agar memberikan tanda bintang. Tentu saja kami akan memberi dia bintang 5 karena pelayanannya yang memuaskan. Dengan harapan, semoga kredibilitas sang pengemudi tersebut semakin bagus.

Jika kita ingin pesan online kamar hotel via Traveloka, salah satu hal yang mendorong kita untuk menetapkan pilihan adalah review dari para pengguna hotel tersebut. Semakin banyak bintang bagus, dianggap semakin berkualitas hotelnya.

Padahal kita sama sekali tidak kenal dengan para pemberi tinjauan hotel tersebut. Yang penting, ulasannya bagus, fasilitas hotelnya baik, makanannya enak dan pelayanannya ramah. Pendapat orang lain kini sudah memasuki area pilihan pribadi.

Dan jika banyak yang memberi tinjauan buruk, kita pun lantas percaya bahwa hotel itu memang tidak bagus. Betapa besar pengaruh pelanggan terhadap bisnis kita, bukan?

Itulah salah satu manfaat adanya review dari pengguna dan pelanggan. Ulasan dari pengunjung, pengguna dan pelanggan bisnis kita, punya pengaruh kuat terhadap keberlangsungan bisnis kita.

Pentingnya Customer Service
Dalam kedua contoh di atas, kini di era media sosial, para pelaku bisnis tidak punya pilihan, selain menciptakan pelayanan yang terbaik. Dan harus menjangkau semua aspek pelayanan termasuk melatih SDM yang bekerja di lini terdepan.

Pelayanan pelanggan tidak bisa lagi hanya menjadi ‘lip service‘, janji akan melayani dengan baik tetapi hanya di bibir saja. Semua karyawan harus terlibat untuk membangun budaya pelayanan terbaik (service excellence).

Kita tidak pernah tahu, apa saja yang dicermati oleh pengunjung, pengguna atau pelanggan kita. Bisa jadi tampilan gedung, fasilitas yang lengkap, pelayanan yang ramah dan cepat, kebersihan, respon yang baik terhadap pelanggan atau aktivitas purna jual. Yang perlu kita lakukan adalah melakukan tindakan pelayanan pelanggan sebaik-baiknya kepada semua pelanggan.

Di era digital ini, hubungan dengan pelanggan menjadi sangat penting. Mulai dari menjawab pertanyaan calon pelanggan melalui chatbot, merespon email, kontak pelanggan hingga melayani delivery pesanan.

Apa kata mereka tentang Estubizi?
Berupaya untuk dapat memasuki bisnis jaman digital ini, Estubizi mencoba untuk hadir dalam bentuk business listing di Google My Business atau Google Bisnisku.

Dalam Google My Business, Estubizi Coworking Space juga sering diberi tinjauan oleh pengguna dan pengunjung. Kami senang sekali jika diberi bintang 5, apalagi bila dibumbui komentar positif yang membuat kami lebih bersemangat dalam melayani pengguna Estubizi.

Ini beberapa review di antaranya:

  • “Tempatnya nyaman buat belajar. Indah dan rapi” • Heryanto
  • “Kantorable banget. Satpamnya ramah. Kamar mandi bersih. Dan cocok untuk acara meet and great atau diskusi panel.” • Wangsa Nugraha
  • “One of good coworking space around Kebayoran Baru area. It’s near to Pasar Santa.” • Dani Andipa Keliat
  • “Tempat yang nyaman untuk kegiatan seminar, pelatihan, dll. Lokasi strategis dan tempatnya asyik untuk selfie.” • Nurul Izzati
  • “Tempatnya bagus, tenang, nyaman dan aksesnya mudah kalau mau kesini. Waktu itu kesini pas lagi ada pelatihan dari Google Gapura Digital.” • Rahma Melina

Meskipun sering mendapatkan review bintang 4 dan 5, perhatian kami terutama tertuju pada pengguna yang memberikan penilaian buruk. Bagi Estubizi itu adalah ‘teguran’ agar kami tetap memprioritaskan pelayanan terbaik.

Kami selalu berupaya untuk dapat menerapkan 5 Nilai-nilai Simaeru.

  • Integritas
  • Fokus pada Pelanggan
  • Ramah
  • Cepat
  • Orientasi pada Mutu

Memang bukan hal yang mudah, namun harus terus diperjuangkan untuk dapat memuaskan setiap pelanggan kami.

Terima kasih atas semua perhatian dan review pengunjung, pengguna, dan pelanggan Estubizi, yang membuat kami selalu mengevaluasi diri untuk menjadi lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.