fbpx

Mengapa Indonesia Harus Menjadi #StartupNation

Sekali lagi: Mengapa Penting Indonesia Harus Menjadi #StartupNation?

Ini hanyalah tulisan ringkas sebagai awal saya menulis tentang pentingnya Indonesia menjadi Startup Nation.

Startup adalah sebuah organisasi usaha yang terus berubah, bertumbuh pesat (speed) menjadi skala yang lebih besar (scale up).

Umumnya startup diawali dengan pengenalan masalah (problem) yang ingin mereka pecahkan (solution) atas masalah yang dihadapi masyarakat tertentu. Problem-Solution Fit istilahnya.

Itulah sebabnya mengapa banyak startup yang berhasil apabila banyak masyarakat yang membutuhkan kehadiran startup tersebut. Semakin besar masalah yang dapat dipecahkan, kemungkinan bertumbuhnya startup tersebut akan semakin besar.

 

Problem-Solution Fit

Di negeri kita tercinta ini, terdapat banyak sekali masalah. Antara lain mengatasi kemiskinan, edukasi, pemerataan kesempatan berusaha di seluruh pelosok Nusantara, transportasi, pertanian, perikanan, finansial, kesehatan, pemberdayaan masyarakat desa, kemacetan, problematika perkotaan, dan sebagainya.

Fakta sudah membuktikan kepada kita bahwa kehadiran startup yang berhasil, dapat menyelesaikan banyak problem di Indonesia.

Tokopedia misalnya. Misinya adalah melakukan pemerataan ekonomi melalui teknologi. Meskipun belum tercapai sepenuhnya, misi tersebut akan dapat dicapai dalam waktu yang relatif cepat. Setidaknya penduduk di 98% dari jumlah kecamatan di seluruh Indonesia, sudah gunakan layanan startup unicorn ini.

Ada pula startup e-fishery yang membantu perekonomian para petambak udang dan ikan. Startup e-fishery sudah membantu masyarakat petambak di lebih 21 provinsi di Indonesia, melalui teknologi.

Gojek sudah membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi lebih dari 2 juta pengemudi motor dan mobil. Juga meningkatkan kesejahteraan lebih dari satu juta UKM kuliner. Lebih dari 190 juta pengguna sudah mengunduh aplikasi superapp Gojek.

Dan startup Sayurbox sudah membantu banyak petani yang dapat mengantarkan kebutuhan sayur dan buah hingga ke rumah-rumah pembelinya.

Demikian pula startup HARA telah membantu kebutuhan petani sehingga membuat mereka lebih sejahtera.

Dan masih ada banyak kisah keberhasilan startup Halodoc, Paxel, GudangAda dan masih banyak lagi kisah menarik dari 2.000+ startup yang ada saat ini di tanah air kita.

Namun demikian, untuk Indonesia menjadi Startup Nation, masih banyak pe-er yang harus kita lakukan.

Apakah itu? Kita simak di tulisan saya berikutnya ya.

#estubizinetwork #startup #entrepreneur #entrepreneurship #IndonesiaStartupNation #IndonesiaLebihBaik 🇮🇩

 

Benyamin Ruslan Naba • entrepreneur, mentor dan coworking enthusiast