fbpx

Mencari Solusi Berbisnis di Jakarta “Macet”

Adalah seorang Entrepreneur pemula berusia jelang 40 tahun yang tinggal di Jakarta. Ia akan mulai membangun bisnisnya, sebagaimana biasanya suatu perusahaan dimulai. Life begin at 40! … Yuk kita simak kisahnya:
Pengusaha terkemuka Indonesia, Ir. Ciputra, pernah mengatakan bahwa negeri kita perlu banyak entrepreneur supaya ekonomi Indonesia cepat bertumbuh dan berkembang. Saat ini seringkali dikutip bahwa jumlah entrepreneur di Indonesia baru sekitar 2% dari jumlah penduduknya.

Lalu banyak yang bertanya, bagaimana caranya agar lahir banyak entrepreneurAda yang mengatakan supaya banyak entrepreneur bisa banyak dan berhasil, pemerintah harus memfasilitasi perijinan yang tidak ribet dan lama. Lalu apa lagi?

Pihak bank juga diminta bantuannya agar memudahkan kucuran dana untuk para entrepreneur. Pertanyaan berikutnya adalah apakah entrepreneur tersebut “bankable?” Karena banyak entrepreneur pemula tidak mempunyai kemampuan untuk mendapat bantuan dana dari perbankan, apalagi jika mereka tidak mempunyai agunan yang dapat dijaminkan kepada bank. 

Ketika ditanya mengapa entrepreneur pemula banyak yang tidak bankable? Keluh Sang Entrepreneur“Boro-boro bankable, kami sudah terlalu banyak biaya ketika awal mendirikan usaha”. 

Tambahnya lagi“Bukan karena ide yang kurang kreatif, tapi dana gak cukup untuk memulai usaha, apalagi dana untuk urus dokumen legal di notaris masih mahal. Belum lagi kalau harus sewa kantor, surat keterangan domisili perusahaan, membayar tagihan listrik dan telepon, merekrut karyawan, ongkos transportasi, bayar parkir yang semakin mahal, bayar tol, dan bensin.” 

Sang Entrepreneur semakin kesal karena Jakarta merupakan kota supermacet sedunia, mau naik mobil, TransJakarta, motor, ojek online, taxi, sama aja macetnya, apalagi jika turun hujan di sore hari.

Biaya Operasional Kantor di Jakarta Mahal

Lalu Sang Entrepreneur mulai menghitung biaya bulanan kalau sewa kantor di Jakarta:
  • Sewa kantor Rp 5.000.000,- untuk kapasitas 2 orang
  • Bayar tagihan listrik Rp 500.000,-
  • Biaya tagihan telepon dan pulsa Rp 300.000,-
  • Bayar tol, bensin, parkir Rp 2.000.000,-
  • Gaji 1 orang staf administrasi Rp 3.500.000,-
  • Jadi total modal kalau mau usaha dan memiliki kantor di Jakarta adalah sebesar Rp 11.300.000,-. Biaya operasional kantor selama satu tahun bernilai Rp 135.600.000,-, sebuah angka yang sangat besar untuk pebisnis pemula.
Sang Entrepreneur jadi rada kecut ketika melihat hitungan biaya buka usaha dan berkantor di Jakarta. 

“Apakah ada cara lain yang lebih baik?” pikirnya dengan serius. 

Lalu Sang Entrepreneur mulai melihat apa saja modal yang dimilikinya: keahlian, pendidikan dan pengalaman, network, mobil, smartphone, laptop, dan modem. Dia lalu berpikir keras. AHA! Dia mulai dapat ide segar!,

“Kenapa aku tidak mulai dari apa yang sudah ada dan tidak pikirkan yang belum ada?” Sang Entrepreneur cerdik ini yakin betul bahwa di era ‘Jakarta Macet’ selalu ada celah bisnis untuk terus maju pantang mundur. Ia lalu teringat sesuatu …

Seorang sahabatnya pernah tunjukkan sebuah pesan twitter kepadanya: 

VOTE Virtual Office @Estubizi. Call: 021-2751.5225. Estubizi penyedia layanan virtual office nomor 1 di Indonesia.” 

VOTE Virtual Office ESTUBIZI

Ini dia! sergahnya. Segera Sang Entrepreneur menghubungi Staf Pemasaran Estubizi Business Center & Coworking Space: 021-2751.5225 untuk tanyakan tentang VOTE Virtual Office. VOTE adalah singkatan dari Virtual Office at Estubizi. 

Sang Entrepreneur yang cerdas dan kreatif ini lalu menanyakan kepada Staf Pemasaran, apakah VOTE Virtual Office menyediakan jasa mengurus Akta Notaris dan dokumen legal lainnya. 

Staf Pemasaran Estubizi menjawab bahwa mereka bisa membantu Sang Entrepreneur memperoleh SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan), SK Kehakiman, SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) hingga TDP (Tanda Daftar Perusahaan), melalui layanan Paket Solusi Estubizi.

Wow! seru Sang Entrepreneur“Apakah Estubizi juga sediakan ruang meeting kalau saya perlu untuk bertemu dengan klien?” 

“Ya, tentu saja, Bapak bisa menggunakan 32 jam ruang meeting atau coworking space setiap bulannya,” jawab Staf Pemasaran Estubizi dengan senyum ramah.

“Lalu apakah VOTE Virtual Office juga sediakan buku bacaan ketika saya harus menunggu klien saya di Estubizi?” tanyanya.

“Ya, banyak buku bacaan karena di sini tersedia perpustakaan,” ujar Staf Pemasaran Estubizi.

Sang Entrepreneur makin bersemangat karena menemukan apa yang ia cari selama ini. 

“Apakah Estubizi bisa bantu carikan staf untuk saya?” tanyanya.

“Estubizi bisa bantu carikan staf untuk bapak. Kami memiliki jejaring dengan beberapa recruitment center‎ dan komunitas milenial,” sergah Staf Estubizi.

“Apakah Estubizi bisa menolong saya mengelola dokumen atau surat perusahaan saya?” tanya Sang Entrepreneur.

“Bisa pak. Bahkan jika bapak memerlukan virtual asisstant, kami dapat mencarikannya,” kata Staf Estubizi menjelaskan.

Sang Entrepreneur merasa lega karena tak perlu rekrut tenaga admin untuk kelola dokumen perusahaannya. 

“Apakah saya dapat diberitahu bila ada klien mencari saya?” tanyanya penasaran.

“Tentu bisa pak. Kami juga menyediakan layanan virtual phone system yang menyediakan nomor telepon khusus perusahaan bapak, lalu extention sesuai kebutuhan call forwarding perusahaan bapak, dan yang lebih menarik lagi ada greeting atas nama perusahaan bapak jika ada telepon masuk ke nomor telepon khusus tersebut,” ungkap Staf Estubizi.

Banyak Kemudahan karena Virtual Office

Sang Entrepreneur terlihat semakin tertarik dengan VOTE Virtual Office, karena dia bisa jalankan usaha darimana saja tanpa direpotkan dengan urusan SDM, pengelolaan dokumen atau komunikasi dengan pelanggannya. Selain itu, Sang Entrepreneur tak perlu pikirkan biaya listrik, telepon, satpam, parkir, bensin, dan ‘macet’ bila dia gunakan VOTE Virtual Office.

Sang Entrepreneur juga bisa mulai pikirkan hobby-nya bermain tenis yang sudah lama dilupakannya karena kesibukannya bekerja. Hatinya pun jadi senang. Dalam bayangan Sang Entrepreneur, dia tak perlu lagi tergesa-gesa berebut jalan di tengah kemacetan Jakarta hanya untuk bisa tiba di kantor lebih pagi. Harapannya setelah menggunakan VOTE Virtual Office, dia bisa punya waktu lebih banyak untuk mengantarkan anaknya ke sekolah sambil menemani istrinya berbelanja.

Bila ada surat untuk perusahaannya, Estubizi akan menghubungi Sang Entrepreneur atau mengirimkan ke rumahnya dengan jasa kurir atau ojek online. Bukan hanya itu, semua staf Sang Entrepreneur juga bisa bekerja dari rumah dan berkolaborasi melalui layanan Google Suite. Bahkan di Estubizi Business Center & Coworking Space, tersedia layanan pembuatan website oleh salah satu di antara 30 mitra Estubizi dari berbagai layanan.

Mendapat Solusi Berbisnis di Jakarta

Sekarang sudah bulatlah tekad Sang Entrepreneur untuk gunakan layanan VOTE Virtual Office Estubizi. Namun ia belum tahu berapa biaya sewa selama satu tahun. Oleh Staf Estubizi, Sang Entrepreneur mendapat informasi bahwa ada beberapa pilihan Paket VOTE Virtual Office.

“Paket VOTE Virtual Office dimulai dari harga Rp 200.000,-/bulan untuk VOTE-Y, khusus bagi entrepreneur muda berusia di bawah 25 tahun. Untuk bapak, dapat mengambil Paket VOTE-A, hanya Rp 350.000,- per bulan ditambah PPN 10% ,” kata Staf Estubizi kepada Sang Entrepreneur.

“Jadi setahun, bapak hanya mengeluarkan biaya sewa VOTE Virtual Office sebesar Rp 4.200.000,- plus PPN ditambah biaya security deposit Rp 500.000,- dan akan dikembalikan jika masa sewa sudah berakhir,” tambah Staf Estubizi.

“Wow! Murah sekali! Bandingkan dengan Rp 135.600.000,-. Saya menghemat 96,54%. Luar biasa penghematan karena VOTE Virtual Office Estubizi!” sergah Sang Entrepreneur sambil tertawa lebar.

“Bukan hanya paling ekonomis, Estubizi juga menyediakan semua kebutuhan startup, entrepreneur dan UKM Indonesia, mulai dari mengurus dokumen legal, membuat logo dan brand, membuat desain grafis, merancang strategi pemasaran, hingga cara pembayaran layanan Estubizi yang praktis karena didukung oleh berbagai mitra yang memahami kebutuhan pebisnis pemula,” ungkap Staf Pemasaran Estubizi menutup penjelasannya.

“Terima kasih banyak ya mbak, saya sangat terbantu dengan layanan VOTE Virtual Office yang ramah dan cepat. Saya sudah mendapatkan apa yang saya butuhkan,” balas Sang Entrepreneur dengan tersenyum puas.

Akhirnya, Sang Entrepreneur bergabung menjadi pelanggan Estubizi, sekaligus menjadi member Komunitas Estubizi yang dapat memiliki akses untuk mengikuti beragam acara dan kegiatan Estubizi yang berguna untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman hidupnya. Betapa senang hatinya karena bisa beralamat kantor di tempat prestisius dan menikmati berbagai layanan yang ramah dan cepat di Estubizi Business Center & Cowoking Space. 


ESTUBIZI Business Center & Coworking Space adalah penyedia layanan coworking space, serviced office, virtual office, meeting room, training room, dan event space untuk kegiatan seminar, training, kumpul komunitas, reuni, konferensi pers atau wawancara rekrutmen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.