fbpx

Mau Jadi Startup Nation?

 

#StartupNation • Suatu hari ada seorang sahabatku yang ajukan banyak pertanyaan sebelum dia sign up ke dalam platform Estubizi Network.

Karena sedang work from home, tak bisa saya jelaskan tanpa tunjukkan platform-nya secara langsung, saya ajak dia untuk langsung mencobanya, “Yuk, nyemplung aja dulu, nanti kamu juga akan merasakan nikmatnya berjejaring dalam kolam digital ini”.

Sekarang sahabat saya sedang ‘tenggelam’ dalam keasyikan membaca banyak artikel tentang startup dan entrepreneurship di ‘kolam’ Estubizi Network.

Ia juga menikmati video-video menarik, yang kami kurasi dari mitra penyedia konten. Tak kurang dari 3.000 artikel dan 1.548 video berkualitas tersedia dalam platform Estubizi Network.

 

Platform, Kolam Besar Digital

Saya selalu menamakan platform Estubizi Network ibarat sebuah ‘kolam besar digital’.

Kolamnya ekosistem startup dan entrepreneur Indonesia.

Baik startup dan entrepreneur yang berada di dalam negeri maupun pebisnis diaspora di berbagai penjuru dunia.

Di platform digital ini kita bisa membangun kolaborasi untuk tumbuh bersama. Karena sesungguhnya, betapa besar kekuatan startup dan entrepreneur bangsa kita ini, yang berjumlah lebih dari 64 juta jiwa.

Memang betul, platform ini menghubungkan para freelancer, startup, entrepreneur, mentor, inkubator, dan coworking space di seluruh Indonesia.

Dan jika kolam ini kelak diperbesar, tak tertutup kemungkinan akan bergabung juga kelompok akselerator, investor, edukator, korporasi dan lembaga-lembaga pemerintah.

Mereka adalah sebagian dari ekosistem yang dapat membangun dunia kewirausahaan di negeri kita.

Platform Estubizi Network bertujuan untuk menjadi platform edukasi Entrepreneurship dan jejaring bisnis agar kita bisa tumbuh bersama.

Sesungguhnya, ekosistem startup dan entrepreneur ini dapat menolong bangsa kita lekas pulih dari pandemi yang berkepanjangan ini.

 

Ekosistem Entrepreneurship

Seperti yang saya tuliskan kemarin tentang pentingnya Indonesia menjadi Startup Nation, kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk melihat dari pandangan ‘drone’ terhadap ekosistem startup dan entrepreneur.

Dalam dunia kolaborasi, dikenal istilah Penta Helix, yang umumnya terdiri dari lima unsur, yaitu: 1) pemerintah, 2) akademisi, 3) badan atau pelaku usaha, 4) masyarakat atau komunitas, dan 5) media.

Kata ‘helix’ berasal dari bahasa Latin dan Yunani kuno, yang berarti sesuatu yang diputar atau spiral.

Jadi, apabila kelima unsur yang berkolaborasi ini berputar bersama-sama ke atas, diharapkan dapat mengangkat ekosistem ke posisi yang lebih tinggi.

Kolaborasi itu penting. Penting banget.

Baca juga: Mengapa Indonesia Harus Menjadi #StartupNation

 

Mengenal Lebih Dekat tentang #StartupNation

Sebelum jauh menuliskan peran ekosistem, saya mencoba uraikan tentang Startup Nation.

Istilah Startup Nation menjadi populer sejak 2009, saat terbitnya sebuah buku karya Dan Senor dan Saul Singer yang berjudul: “Start-up Nation: The Story of Israel’s Economic Miracle“. Berkisah tentang perekonomian negeri Israel yang berpenduduk 9,3 juta.

Buku ini menjadi best seller versi The Wall Street Journal dan The New York Times.

Israel menghasilkan lebih banyak perusahaan baru berdasarkan basis per kapita daripada negara dan kawasan besar seperti Jepang, Cina, India, Korea, Kanada, dan seluruh Eropa.

The Economist mencatat bahwa Israel sekarang memiliki lebih banyak perusahaan rintisan (startup) berteknologi tinggi dan industri modal ventura per kapita yang lebih besar daripada negara lain mana pun di dunia.

Keberhasilan sektor teknologi tinggi dan inovasi Israel selama dua dekade terakhir telah menarik perhatian dunia.

Dengan lebih dari 6.000 startup aktif dan ekonomi yang didominasi oleh industri teknologi tinggi dan kewirausahaan, Israel tentu saja mendapat julukan ‘The Startup Nation’.

Tak mau kalah dengan Israel, 19 Maret 2021 – di tengah masa sulit karena wabah pandemi – negara-negara Uni Eropa bersekutu meluncurkan platform kewirausahaan Aliansi Negara-Negara Startup Eropa.

Uni Eropa bertekad membangun aliansi menjadi sebuah Startup Nation.

Mereka membahas tantangan teknologi digital dan berkomitmen untuk mengatasinya.

Mewakili negara-negara Uni Eropa, Perdana Menteri Portugal Antonio Costa mengumumkan bahwa aliansi baru yang berbasis di Lisbon akan berusaha membantu Eropa bersaing dengan area lain di dunia dalam teknologi inovasi.

Menarik ya? Menjadi ‘Negeri Startup’ telah menjadi salah satu tujuan negara untuk memenangkan kompetisi di abad digital.

 

Mengedepankan Teknologi, Inovasi dan Entrepreneurship

“Pandemi telah menciptakan tantangan besar bagi semua perusahaan. Juga memaksa perusahaan untuk kreatif dan tangkas dalam menghadapi krisis.” • Rob Rubin, Managing Director – Accenture Strategy.

Itulah sebabnya mengapa setiap perusahaan dan semua negara harus berpikir keras untuk dapat mengarungi kehidupan di pasca pandemi ini.

Satya Nadella, CEO Microsoft, dalam bukunya ‘Hit Refresh‘, mengungkapkan rumus persamaan sederhana:

∑ (Education + Innovation) × Intensity of Tech Use = Economic Growth

Edukasi ditambah Inovasi jika dikalikan dengan intensitas penggunaan teknologi yang tinggi, akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang besar.

Artinya, dalam abad digital ini, apabila terobosan teknologi dilakukan secara intensif, misalnya pada berbagai industri: agrikultur, kesehatan, keuangan, logistik, dan manufaktur, yang didukung dengan edukasi berkualitas tinggi dan inovasi, maka perekenomian dan produktivitas akan meningkat drastis.

Untuk membuat semuanya itu terjadi, tambah Satya Nadella, para pemimpin perlu memprioritaskan Entrepreneurship dalam berbagai langkah yang besar.

Banyak pemimpin negara dan korporasi yang menyatakan pentingnya pendidikan berkualitas tinggi dan Entrepreneurship. Seperti pendapat Kauffman Foundation yang sering saya kutip.

Kami di Estubizi Network percaya bahwa Indonesia harus dan bisa menjadi Startup Nation. Mungkin sulit, namun bukan suatu hal yang mustahil.

Mari kita membangun Indonesia menjadi Startup Nation melalui pengembangan ekosistem startup dan entrepreneur. Bisa dengan mendukung ‘kolam-kolam platform digital’.

#estubizinetwork #founder #startup #entrepreneur #entrepreneurship #education #technology #innovation #IndonesiaStartupNation #IndonesiaLebihBaik 🇮🇩

 

Benyamin Ruslan Naba • entrepreneur, mentor dan coworking enthusiast