fbpx

Kamu Mau Jadi Entrepreneur? – #02

#BeraniBerbisnis • Melanjutkan tulisan saya beberapa hari lalu – “Kamu Mau Menjadi Entrepreneur?” – ijinkan saya menyambung cerita tentang perlunya semangat Entrepreneurship dimiliki oleh generasi muda Indonesia.

Seruan semacam ini sudah sering saya sampaikan dalam beberapa tulisan saya sebelumnya. Tentang pandangan Kauffman Foundation terhadap betapa pentingnya Entrepreneurship dalam kemajuan suatu negara.

Menurut Kauffman Foundation, suatu negara akan melaju pesat perekonomiannya apabila memiliki pendidikan yang berkualitas tinggi dan menebarkan semangat Entrepreneurship secara intensif.

Kauffman Foundation adalah sebuah organisasi yang sangat serius mendorong semangat Entrepreneurship di kota Kansas, Amerika Serikat. Gaungnya tak hanya di kota tersebut, melainkan juga hingga ke seluruh negeri Paman Sam.

Ewing Marion Kauffman adalah seorang pengusaha dan tokoh kemanusiaan, yang kontribusi inovatif dan misi jangka panjangnya telah bermanfaat bagi jutaan orang di kota kelahirannya di Kansas City dan seluruh Amerika Serikat.

Warisan Ewing Kauffman terpenting bagi komunitasnya dan dunia adalah Ewing Marion Kauffman Foundation. Dia mendirikan Yayasan dengan keyakinan ingin agar yayasannya menjadi inovatif, menggali lebih dalam dan mendapatkan akar masalah untuk mengubah kehidupan masyarakat secara mendasar.

Diawali dengan perhatiannya kepada keluarga yang kurang mampu, yang berdampak bagi pendidikan anak-anak. Dia ingin membantu kaum muda, terutama mereka yang berlatar belakang kurang mampu, agar mendapatkan pendidikan berkualitas yang memungkinkan mereka mencapai potensi penuh mereka.

Ewing Kauffman melihat bahwa membangun perusahaan sebagai salah satu cara paling efektif untuk mewujudkan janji dirinya dan memacu perekonomian kota kelahirannya.

Sekarang semangat Entrepreneurship Kauffman Foundation telah mencapai berbagai negara, juga di Indonesia, melalui kolaborasi dengan Universitas Ciputra.

Saya sudah lama bermimpi untuk berkolaborasi langsung dengan Kauffman Foundation, sebelum dilakukan oleh mendiang Bapak Ciputra. Mungkin suatu saat nanti impian saya akan tercapai.

Geliat Indonesia Membangun Entrepreneur dan Startup

Nelson Mandela mengajarkan: “Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” Kita bisa mulai dari edukasi Entrepreneurship di negeri kita.

Belakangan ini, kita melihat keseriusan pemerintah negeri kita dalam mengembangkan semangat kewirausahaan yang intensif di setiap kesempatan. Ini merupakan kabar baik dan harus kita dukung.

Kementerian Koperasi dan UKM misalnya. Sejak dipimpin oleh Menteri Teten Masduki, berbagai terobosan tengah dilakukan untuk mendorong keberhasilan banyak entrepreneur UMKM dan koperasi. Kementerian ini berkolaborasi dengan banyak pihak, antara lain Micromentor Indonesia dan banyak perusahaan startup bidang e-commerce.

Website Kementerian Koperasi dan UKM juga semakin keren. Kita bisa belajar banyak hal dari website ini.

Turut bergeliat Kementerian Perindustrian yang menggagas program Startup4Industry sejak 2018. Estubizi Network sangat bersyukur mendapat kesempatan mendukung program bagus ini. Selain itu, melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian yang pernah dipimpin oleh Ibu Gati Wibawaningsih ini, membuat e-smart IKM: program pengembangan IKM bagi banyak home industry di berbagai penjuru Indonesia.

Kita juga melihat keseriusan Kementerian Kominfo dalam program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sejak 2016, yang semakin menarik dan bermanfaat buat startup pemula. Lalu ada program Startup Studio Indonesia, dan terakhir ada program Kementerian Kominfo yang mempertemukan investor dengan startup pemula.

Di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga gak kalah serunya. Ada program BEKUP yang mendampingi para startup dan entrepreneur bidang industri kreatif.

Belum lagi Kemendikbudristek dengan berbagai program kreatif Kampus Merdeka besutan Mas Menteri Nadiem Makarim yang sangat revolusioner. Salah satu programnya adalah Kewirausahaan: mengembangkan usaha di bawah bimbingan profesional.

Singkat cerita, Indonesia sedang bergeliat membantu keberhasilan startup dan entrepreneur di seluruh penjuru tanah air.

 

Proklamasikan Indonesia sebagai Startup Nation

Apabila saya boleh menyarankan kepada Bapak Presiden Jokowi, pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti, bapak “proklamasikan” Indonesia sebagai Startup Nation, Negeri Startup. Saya percaya, kelak Indonesia bisa bertumbuh pesat setelah proklamasi ini.

Memang akan sangat banyak pe-er untuk menjadikan negeri kita menjadi Startup Nation. India sudah memproklamasikan menuju Startup Nation sejak 16 Januari 2016. Beragam aksi nyata sudah dilaksanakan secara terpadu dan semangat yang satu: demi kesejahteraan negeri India.

Istilah Startup Nation menjadi populer sejak 2009, saat terbitnya sebuah buku karya Dan Senor dan Saul Singer yang berjudul: “Start-up Nation: The Story of Israel’s Economic Miracle“. Berkisah tentang perekonomian negeri Israel yang berpenduduk 9,3 juta.

Buku ini menjadi best seller versi The Wall Street Journal dan The New York Times.

Israel menghasilkan lebih banyak perusahaan baru berdasarkan basis per kapita daripada negara dan kawasan besar seperti Jepang, Cina, India, Korea, Kanada, dan seluruh Eropa.

The Economist mencatat bahwa Israel sekarang memiliki lebih banyak perusahaan rintisan (startup) berteknologi tinggi dan industri modal ventura per kapita yang lebih besar daripada negara lain mana pun di dunia.

Keberhasilan sektor teknologi tinggi dan inovasi Israel selama dua dekade terakhir telah menarik perhatian dunia.

Dengan lebih dari 6.000 startup aktif dan ekonomi yang didominasi oleh industri teknologi tinggi dan kewirausahaan, Israel tentu saja mendapat julukan ‘The Startup Nation’.

 

Artikel berikutnya: Geliat India Menuju Startup Nation …

#estubizinetwork #founder #startup #entrepreneur #entrepreneurship #education
#IndonesiaStartupNation 🇮🇩

Benyamin Ruslan Naba • entrepreneur, mentor dan coworking enthusiast