fbpx

Apa Itu Coworking Space?

What is Coworking Space?

Coworking is a verb, not a noun.

A way if working, not a place to work.

There’s 3 Co in Coworking Space:  Cooperation, Collaboration, Community

Coworking is whatever the community wants it to be.

Kerja Bersama

Bekerja di coworking space bukan lagi hal asing sekarang ini. Pekerja lepas (freelancer), pekerja individual, pemilik atau karyawan startup maupun para entrepreneur, mahasiswa, pelajar, bahkan —tren terbaru— karyawan kantor, sudah biasa bekerja di coworking space. Khususnya di kota Jakarta.

Pertumbuhan coworking space di seluruh Indonesia pun terhitung pesat, lebih dari 100 kali lipat per satu semester; dari hanya 40 per April 2017 meningkat menjadi 170 di bulan November 2017 dan sekarang sudah 200 lebih coworking space di 30 kota Indonesia.

Wikipedia tidak langsung memberi definisi coworking space, melainkan memberi arti pada kata coworking yaitu kerja bersama. Ini adalah cara bekerja dengan tempat kerja yang saling berbagi, biasanya di sebuah kantor dan kegiatan independen. Berbeda dengan lingkungan kerja pada umumnya, peserta kerja bersama biasanya bukan dari organisasi yang sama. Kerja bersama diminati oleh para profesional yang bekerja dari rumah, kontraktor independen atau orang-orang yang sering bepergian dan butuh bekerja di wilayah terpencil.

Jadi, coworking space adalah ruang atau tempat kerja bersama itu terjadi.

Cara ini, menurut Wikipedia, juga merupakan sarana berkumpul dengan orang-orang yang masih bekerja secara independen, namun memiliki tujuan yang sama dan tertarik oleh sinergi yang dapat terjadi ketika bekerja bersama orang yang berada di coworking space yang sama. Maka dalam ruang ini terjadi pula networking (jejaring), kolaborasi dan berbagi (sharing) yang akan muncul dengan sendirinya, atau dapat diciptakan dengan sengaja oleh individu baik pengguna maupun pengelola coworking space tersebut.

Komunitas dan Kegiatan

“Inti dari coworking space adalah komunitas,” tutur Tommy Herdiansyah, Founder Code Margonda, sebuah coworking space di Depok. Komunitas dapat tercipta secara alami atau disengaja. Sebuah komunitas gamers, misalnya, bisa ada akibat sering bertemu dan bermain game bersama. Demikian pula komunitas pelari, pencinta batik, pendonor darah, pendaki gunung dan lainnya.

Untuk mencipta dan menjaga keberlangsungan komunitas di sebuah coworking space, dibutuhkan acara (event) atau kegiatan. Kegiatan ini tak perlu berskala besar dan megah, cukup sesuaikan dengan kapasitas tempat sehingga pengunjung juga dapat mengenal tempat bekerja tersebut.

Topiknya bisa apapun, tak perlu selalu harus yang trendi; bahkan ide bisa datang dari pengguna coworking space. Biasanya skema kerja sama untuk kegiatan lebih disukai oleh pengelola coworking space. Estubizi Business Center dan Coworking Space misalnya, menjadi tempat training Siap Digital yang diselenggarakan oleh Google dan Gapura Digital, setiap hari Sabtu dan Minggu.

Bentuk kegiatan bermacam-macam, mulai dari kelas belajar, temu anggota komunitas hingga ke workshop, training dan seminar. Dari kegiatan tersebut diharapkan semangat berjejaring dan berkolaborasi timbul serta semakin erat, lantas minat menggunakan coworking space juga tumbuh dan semakin menular ke lebih banyak orang. 

Untuk menggunakan Coworking Space di ESTUBIZI silahkan menuju link: estubizi.com/coworking-space/

Wikipedia: Coworking

Selamat menikmati layanan ESTUBIZI Coworking Space dan mari kita rayakan kolaborasi untuk Indonesia Lebih Baik • www.estubizi.com

Lily Nababan

Selanjutnya …. Siapa Pengguna Coworking Space?

 


ESTUBIZI Business Center & Coworking Space adalah penyedia layanan coworking space, serviced office, virtual office, meeting room, training room, dan event space untuk kegiatan seminar, training, kumpul komunitas, reuni, konferensi pers atau wawancara rekrutmen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.